Banyak hal yang tidak ku ketahui dan ku tulis disini

Kamis, 25 April 2013

Seputar Kolesterol

Kolesterol adalah komponen utama pada kantong empedu, selain itu terdapat juga dalam jumlah yang agak besar di otak, sum-sum tulang belakang, dan dalam jumlah kecil pada semua sel organisme.
Kolesterol ialah jenis khusus Lipid yang disebut steroid, yaitu steroid alkohol atau sterol.

Seputar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit dalam tubuh. Oleh karena itu kita disarankan makan makanan yang sehat.

Kolesterol tidak hanya diderita para manusia lanjut usia namun dapat juga diderita oleh siapa saja tanpa mengenal batas usia.

Makanan dengan kadar lemak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol LDL (Low Density Lipiprotein). Lemak jenuh ini biasanya berasal dari daging, beberapa minyak tumbuhan, dll.
Faktor keturunan, merokok, obesitas, dan jarang berolahraga juga penyebab umum kolesterol tinggi.

Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat hormon dan vitamin D serta bagian dari asam empedu yang memecah lemak dalam sistem pencernaan. Pada dasarnya kebutuhan kolesterol dalam tubuh sudah terpenuhi yang diproduksi oleh hati, namun jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan lemak jenuh yang tinggi maka hati akan memproduksi kolesterol lebih banyak lagi.
Kolesterol yang berlebih ini akan bercampur dalam darah, yang menyebabkan penyempitan diameter dan kenaikan tekanan darah.

Gejala awal kolesterol tinggi biasanya berupa sakit kepala dan pegal-pegal. Hal ini karna kurangnya pasokan oksigen dalam tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi menyebabkan aliran darah menjadi kental sehingga oksigen menjadi kurang. Gejala yang disebutkan diatas bukan gejala dan tanda spesifik seseorang menderita kolesterol tinggi.

Perlu kalian ketahui, kadar normal kolesterol dalam tubuh yaitu 160-200mg.
Disarankan untuk mengkonsumsi Simvastatin yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Namun perlu diperhatikan, bahwa mengkonsumsi simvastatin dalam dosis tinggi dapat menyebabkan dapat meningkatkan resiko myopathy (kerusakan pada otot) dan berpotensi menimbulkan gangguan pada ginjal. Hal ini berdasarkan pengumuman FDA (BPOM'nya Amerika).

Seputar Kolesterol

Mungkin itulah tadi apa yang dapat gue berikan kepada kalian tentang kolesterol :)
Sekiranya bisa meningkatkan pengetahuan

~HappyBlogging

2 komentar:

  1. play bandarq dimana anda bisa menjadi bandar hanya di AJOQQ,net
    main dan menangkan sebanyak banyaknya

    BalasHapus
  2. rasakan bermain secara online di AJOQQ
    min dp. 15ribu
    min wd. 15ribu
    coba daftar, main dan menangkan hingga ratusan juta
    jadilah pemenang di AJOQQ

    BalasHapus

Jika ada yang ingin kalian tanya atau tambahkan mengenai tulisan ini, silahkan tinggalkan komentar. InsyaAllah kami siap menjawabnya :)