Banyak hal yang tidak ku ketahui dan ku tulis disini

Jumat, 19 September 2014

Capsaisin, Zat Kimia Yang Menimbulkan Rasa Pedas

Tadi abis baca postingan forum K*skus nemu thread tentang sambal, eh jadi ingat sosis naga deket stadion Manahan yang berhasil bikin ane mules sambil mukul-mukul tembok saking pedasnya. Pertamakali datang kesana dengan gagahnya ane bilang ke penjualnya"Yang pedes mas" dan ternyata tidak seperti yang ane bayangkan, pedasnya bukan main. Beberapa hari selanjutnya ane datang lagi (sekarang ane tobat mesen yang pedes) ane mesen yang sedang tapi "seseorang" malah mesen yang pedes lagi trus ane perhatiin dia makan sambil gombal-gombal, satu tusuk masih belum apa-apa, dua tusuk baru dah dia ngamuk-ngamuk

Setelah ane baca thread salahsatu manusia di forum itu, ane jadi pengen bahas apa senyawa yang menyebabkan rasa pedas itu secara blog ini adalah blog yang membahas masalah kefarmasian dan farmasi sangat erat kaitannya dengan senyawa, yap tiap hari tanpa senyawa kimia -_-
Sesuai deskripsi blog ane "Banyak hal yang tidak ku ketahui dan ku tulis disini" Makanya setiap hal yang ane tidak paham ane tulis dan ane bagikan postingan ini kepada masyarakat dumay agar tercipta rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesama (Sorry dibajak Vicky) Jadi intinya MEMBACA karna dengan membaca ilmu kita akan bertambah walaupun tidak menguasainya setidaknya ada salahsatu ilmu yang nyantol di otak :)
Oke sekarang kita ke eKTP
Bagi masyarakat Indonesia, buah cabai (Capsici fructus) sudah menjadi pelengkap sehari-hari  saat makan maupun ngemil. Nah cabai ini biasanya dibuat sambal dulu, belum lengkap dah rasanya kalo makan gak pake cabai. Makan bakso, makan sate, makan kapurung, makan hati belum lengkap rasanya kalo tidak pake sambel. Nah sambel yang orang-orang suka biasanya sambel yang sangat pedas.
 Trus apa penyebab sambel terasa pedas id ?
Ini nih kutu kupret-biawak-brontosaurus-upil komodo yang bikin kita pengen banting meja makan (sayangnya kalo dibanting kita bayar makannya jadi 2x lipat + cuci piring):
Capsaisin, Zat Kimia Yang Menimbulkan Rasa Pedas
Capsaisin
Capsaisin atau kapsaisin (8-metil-N-vanilil-6-nonenamida) adalah zat kimia yang menyebabkan rasa pedas berasal dari tumbuh-tumbuhan. Tidak hanya di cabai, tapi ada juga di merica, ketumbar dll.
Rasa pedas yang muncul itu karna lidah menerima suatu rangsangan yang sama dengan kulit yang akan terasa panas jika terkena api. Tapi rasa terbakar yang dihasilkan oleh lidah saat kita makan cabai itu sebenarnya bukan terbakar sungguhan melainkan cuma "Rasa". Kapsaisin sering digunakan oleh aparat untuk mengusir demonstran, kalian sering mendengarnya kok "Gas air mata". Yang ane baru tahu, ternyata ada juga loh ciptaan Tuhan yang tidak merasakan pedas misalnya Burung. Burung tidak pernah merasakan pedas jadi burung bisa dengan bebasnya makan cabai.. sekarang ane tahu kenapa burung selalu mencret.
Rasa pedas ini diukur dengan skala Scoville, kapsaisin murni mengandung 15 juta scoville. Cabai terpedas berjenis Red savina habanero mengandung 577 ribu scoville (GILAK!!!) berikut penampakan cabai ini:
Red savina habanero
Bayangin jika cabai ini kalian makan dengan bakso.. nyamm!!
Kapsaisin ini tidak larut dalam pelarut polar jadi zat ini bersifat non-polar, senyawa polar akan ikut melarut dengan senyawa polar begitupula dengan senyawa non-polar akan larut dalam senyawa non-polar. Jadi jika kalian merasa pedas, minum air (polar) cuma akan meratakan kapsaisin dalam rongga mulut kalian, solusinya yaitu dengan minum pelarut non-polar seperti alkohol misalnya :D


Just Kidding.. Kalian bisa makan makanan yang berlemak atau berminyak karna sifatnya non-polar. Kalo kalian ingin lihat kapsaisin yang sudah jadi produk, nih ane kasi infonya gan: 5. Pyro Diablo
Nih gan
Satu tetes Pyro Diablo mengandung 1,5 juta scoville, cukup untuk membuat kalian mencret 5 hari kwkw
4. Demon Ichor


Dari namanya ane bakalan jijik makan produk satu ini dengan tingkat kepedasannya 2 juta scoville.
3. 357 Maddog pepper extract
HOT
Kalo kalian nyoba sambel satu ini kalian sudah seperti Maddog gan, gregett . Tingkat kepedasannya yaitu 5 juta scoville
4. The source

Jangan tertipu dengan penampilan botol yang imut ini, karna saus ini punya tingkat kepedasan 7,1 juta scoville. Sudah pasti sangat HOT
5. Blair's 16 million Reserve
Pembuat saus ini bernama Blair Lazar. Saus ini adalah saus limited edition, cuma beberapa botol saja yang dibuat dengan nomor botol serta tandatangan pembuatnya pada kemasan. Tingkat kepedasannya yaitu 16 juta scoville.

Nah itu tadi beberapa sambel yang terkenal karna pedesnya gan walaupun tingkat kepedasannya masih dibawah semprotan merica tapi perlu di waspadai jika kalian melihat salahsatu sambel diatas ditemukan diwarung-warung bakso atau Burjo terdekat.
Sekian postingan untuk hari ini, insyaAllah selanjutnya lebih bermanfaat lagi :)

~KeepBlogging

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang ingin kalian tanya atau tambahkan mengenai tulisan ini, silahkan tinggalkan komentar. InsyaAllah kami siap menjawabnya :)