Banyak hal yang tidak ku ketahui dan ku tulis disini

Senin, 27 Mei 2013

Jurnal Ilmiah Tugas Biokimia Tentang Fosforilasi Oksidatif

Kali ini gw akan membagikan beberapa jurnal yang sekiranya dapat bermanfaat bagi kalian . Soalnya tugas ini lumayan sulit gue cari di internet, makanya gue bagi :)

Monggo silahkan didownload :



Selengkapnya bisa hubungi gue di twitter or fb :)

Minggu, 19 Mei 2013

Bahasa Latin Yang Sering Digunakan Dalam Bidang Farmasi

Dalam dunia farmasi, kita akan disuguhkan dengan bahasa-bahasa sihirharrypotter aneh yang jarang kita dengar.
Yah, karena semua istilah-istilah mulai dari makan sampai tidur menggunakan bahasa latin dan bagi gue sebagai orang Indo dan bukan lulusan SMF merupakan hal yang tabu. Oleh karena itu gue akan membagikan sebuah document yang berisi "Bahasa Latin Bidang Farmasi" :)

Oke, bagi agan dan aganwati yang berminat silahkan di download :

Bahasa Latin Yang Sering Digunakan Dalam Bidang Farmasi
11,42 Kb

Setidaknya dengan file .docx ini bisa membantu
Ukuran filenya rendah gan, jadi tunggu apalagi .. Silahkan di download :)
~HappyBlogging

Kamis, 09 Mei 2013

Mengapa Minum Obat Gak Boleh dibarengin Minum Susu?

Gue sempat bingung dengan judul artikel ini :D

Mengapa Minum Obat Gak Boleh dibarengin Minum Susu?
Pada saat gue masih bocah dan masih ingusan (padahal saat nulis artikel ini juga beringus) gue disuruh minum obat, tapi suatu kesalahan dan sampai-sampai gue di nasehati emmak agar minum obatnya ditunda dulu 2 jam atau lebih .
Yah, sebelumnya gue abis minum susu . gue masih kecil dan gak tau apa-apa makanya gue nurut aja dan sampai saat gue menyadarinya ternyata susu itu dapat berinteraksi dengan obat (gue sempat heran kenapa gue bisa sekolah di jurusan farmasi_- ternyata ada manfaatnya juga)


"Kenapa kita dilarang minum obat dengan susu?"

Suatu pertanyaan simpel tapi sulit untuk dijawab. Kenapa? Apa yang salah dengan susu? Padahal kita semua tahu kalo susu itu banyak memberi hal positif dan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Obat yang kita minum secara oral pasti akan masuk kedalam tubuh kita kan.. Nah didalam tubuh, obat yang kita minum akan terserap dulu kemudian masuk kedalam aliran darah untuk disirkulasikan.
Faktor yang mempengaruhi penyerapan obat dalam tubuh salahsatunya adalah pengaruh dari makanan didalam lambung kita (makanan yang mengandung lemak mempengaruhi penyerapan obat), kalsium yang terkandung dalam susu juga berpengaruh dalam penyerapan obat .

Beberapa obat antibiotik yang memiliki rumus tertrasiklik dan minosiklik dapat terikat oleh kalsium yang terkandung dalam susu tersebut. Akibatnya obat yang kita minum tidak dapat larut dan sulit terserap kedalam jaringan sel tubuh. 
Minum susu setengah liter saja dapat mengurangi efektivitas antibiotik sekitar 80%. Maka dari itu disarankan agar meminum obat setelah 2 jam setelah minum susu.

Disarankan agar meminum obat dengan air mineral yang bebas dari senyawa kimia yang dapat mempengaruhi kerja obat dalam tubuh.
Jangan lupa sebelum minum obat, air mineral tersebut dibacakan doa. Dijamin anda cepat sembuh karna didalam air terdapat kristal-kristal yang dapat dipengaruhi lingkungan sekitarnya

Mengapa Minum Obat Gak Boleh dibarengin Minum Susu?
Begitupula dengan manusia yang terdiri dari begitu banyak air didalamnya, jika mausia itu berada dilingkungan yang buruk maka ia akan buruk dan jika manusia tersebut berada dilingkungan yang baik maka ia juga akan baik :) 


~HappyBlogging

Minggu, 05 Mei 2013

Apa sih keuntungan dan kerugian sediaan tablet

Tablet adalah sediaan padat yang mengandung bahan obat dengan atau tanpa bahan pengisi.

Saat kita sakit, kita disuruh minum obat dalam bentuk tablet atau dalam bentuk-bentuk yang lain. Nah, pada kesempatan kali ini, agar kalian lebih jauh lagi ilmunya gue akan memberikan sedikit pengetahuan tentang keuntungan dan kelebihan dari sediaan tablet

So, pastikan kalian sudah siapkan niat baca tulisan gue yang rada ngawur :D
Bo'ong kok.. Yuk, cekidot !
Keuntungan sediaan tablet:
1. Tablet dalam bentuk kering sehingga zat aktif lebih terjaga kestabilitasannya
2. Dapat disalut untuk melindungi rasa yang tidak enak dari sediaan (namanya juga obat)
3. Dapat mengandung zat aktif lebih besar dengan bentuk sediaan yang kecil
4. Volume lebih kecil sehingga mudah dibawa dan mudah pula ditelan
5. Tablet sangat cocok untuk zat aktif yang sulit larut dalam air
6. Sediaan yang dapat diproduksi masal serta mudah dan murah dalam pengemasan
Kerugian sediaan tablet:
1. Ada beberapa pasien yang sulit menelan tablet (gue juga sulit menelan tablet *Pengakuan sesat*)
2. Zat aktif yang hidroskopis mudah rusak
3. Kebanyakan tablet yang ada dipasaran tidak tertutupi rasa pahit
4. Formulasi tablet cukup rumit

Nah, mungkin itulah tadi postingan gue kali ini tentang Apa sih keuntungan dan kerugian sediaan tablet .

Sesama Farmashit harus saling berbagi , begitupula bagi sesama :)
Sekian dan terimakasih !

~HappyBlogging