Banyak hal yang tidak ku ketahui dan ku tulis disini

Kamis, 09 Mei 2013

Mengapa Minum Obat Gak Boleh dibarengin Minum Susu?

Gue sempat bingung dengan judul artikel ini :D

Mengapa Minum Obat Gak Boleh dibarengin Minum Susu?
Pada saat gue masih bocah dan masih ingusan (padahal saat nulis artikel ini juga beringus) gue disuruh minum obat, tapi suatu kesalahan dan sampai-sampai gue di nasehati emmak agar minum obatnya ditunda dulu 2 jam atau lebih .
Yah, sebelumnya gue abis minum susu . gue masih kecil dan gak tau apa-apa makanya gue nurut aja dan sampai saat gue menyadarinya ternyata susu itu dapat berinteraksi dengan obat (gue sempat heran kenapa gue bisa sekolah di jurusan farmasi_- ternyata ada manfaatnya juga)


"Kenapa kita dilarang minum obat dengan susu?"

Suatu pertanyaan simpel tapi sulit untuk dijawab. Kenapa? Apa yang salah dengan susu? Padahal kita semua tahu kalo susu itu banyak memberi hal positif dan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Obat yang kita minum secara oral pasti akan masuk kedalam tubuh kita kan.. Nah didalam tubuh, obat yang kita minum akan terserap dulu kemudian masuk kedalam aliran darah untuk disirkulasikan.
Faktor yang mempengaruhi penyerapan obat dalam tubuh salahsatunya adalah pengaruh dari makanan didalam lambung kita (makanan yang mengandung lemak mempengaruhi penyerapan obat), kalsium yang terkandung dalam susu juga berpengaruh dalam penyerapan obat .

Beberapa obat antibiotik yang memiliki rumus tertrasiklik dan minosiklik dapat terikat oleh kalsium yang terkandung dalam susu tersebut. Akibatnya obat yang kita minum tidak dapat larut dan sulit terserap kedalam jaringan sel tubuh. 
Minum susu setengah liter saja dapat mengurangi efektivitas antibiotik sekitar 80%. Maka dari itu disarankan agar meminum obat setelah 2 jam setelah minum susu.

Disarankan agar meminum obat dengan air mineral yang bebas dari senyawa kimia yang dapat mempengaruhi kerja obat dalam tubuh.
Jangan lupa sebelum minum obat, air mineral tersebut dibacakan doa. Dijamin anda cepat sembuh karna didalam air terdapat kristal-kristal yang dapat dipengaruhi lingkungan sekitarnya

Mengapa Minum Obat Gak Boleh dibarengin Minum Susu?
Begitupula dengan manusia yang terdiri dari begitu banyak air didalamnya, jika mausia itu berada dilingkungan yang buruk maka ia akan buruk dan jika manusia tersebut berada dilingkungan yang baik maka ia juga akan baik :) 


~HappyBlogging

8 komentar:

  1. ijin share Gan di http://modalkursor.blogspot.com
    jangan lupa mampir ke blog ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip, Silahkan di copas gan :)

      AsyShahid_AM
      [Admin]

      Hapus
  2. play bandarq dimana anda bisa menjadi bandar hanya di AJOQQ,net
    main dan menangkan sebanyak banyaknya

    BalasHapus
  3. rasakan bermain secara online di AJOQQ
    min dp. 15ribu
    min wd. 15ribu
    coba daftar, main dan menangkan hingga ratusan juta
    jadilah pemenang di AJOQQ

    BalasHapus

Jika ada yang ingin kalian tanya atau tambahkan mengenai tulisan ini, silahkan tinggalkan komentar. InsyaAllah kami siap menjawabnya :)