Banyak hal yang tidak ku ketahui dan ku tulis disini

Jumat, 23 Agustus 2013

Sebaiknya Hindari Makanan Dan Minuman Ini Saat Minum Obat

Akhirnya setelah beberapa bulan vacuum (bukan vacuum cleaner) dari dunia Blog gue muncul lagi buat sharing hal-hal bermanfaat .
Oh iya.. Selama ini gue sangat jarang menulis postingan di Blog lagi, gue juga mengalami banyak kendala salahsatunya kendala dalam hal "ide". Yup, gue bingung mau nulis apa .. hehe^^

Tapi untunglah gue bisa dapat pencerahan buat nulis lagi.. semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat kalian.

Oke, dari judulnya mungkin kalian sudah tau beberapa hal yang tidak disarankan dikonsumsi saat minum obat. Contoh simpelnya Susu.
Kenapa dengan susu?

Bagi yang belum baca postingan gue sebelumnya tentang Mengapa Minum Obat Gak Boleh dibarengin Minum Susu? silahkan baca dulu gan :)

Sebaiknya Hindari Makanan Dan Minuman Ini Saat Minum Obat
Sebenernya postingan gue ini buat menambah pencerahan kita tentang makanan dan minuman yang dapat menghambat sistem kerja obat. Oke, cekidot aja deh

1. Makanan atau minuman yang mengandung kalsium
Seperti yang sebelumnya kita bahas yaitu tentang susu, susu memiliki kalsium yang cukup tinggi gan. Apabila kita sedang mengkonsumsi Antibiotik, misalnya Ampisilin, Amoxicilin, kloramfenikol, dll. sebaiknya tidak minum susu dulu, paling tidak tunggu 2 atau 3 jam setelah minum obat.
Susu dan produk olahannya serta suplemen dapat menghambat penyerapan antibiotik. Akibatnya penyerapan antibiotik oleh tubuh dapat terhambat dan sulit untuk larut, hal ini menyebabkan kesembuhan penyakit kita menjadi terhambat dan lama sembuh.

2. Kopi
Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan over dosis antibiotik tertentu gan, seperti Ciprofloxacin, Enoxacin, dll. Kejadian ini dapat menyebabkan halusinasi, tremor, dan palpitasi.

3. Teh
Kandungan zat Tannin dalam teh dapat menghambat penyerapan obat dalam tubuh karena dapat mengikat senyawa aktif obat.

4. Jus Jeruk
Bahan kimia dalam jeruk furanocoumarins, dapat menghapus enzim yang memecah obat dalam tubuh. 
buah yang kaya akan vitamin C ini tidak boleh dikonsumsi berbarengan dengan obat tekanan darah, kanker, dan penurun kolesterol statin atau obat yang digunakan untuk menekan sistem kekebalan tubuh pascatransplantasi organ.
Selain itu, jeruk yang dikonsumsi bersamaan dengan obat anti inflamasi atau aspirin dapat memicu rasa panas dan asam di perut.

5. Alkohol
contohnya tape ketan yang mengandung alkohol. Jika mengkonsumsi obat anti histamin berbarengan makan/minum alkohol dapat menambah rasa kantuk dan memperlambat performa motorik dan mental.
Apabila mengkonsumsi paracetamol dibarengi makan/minum alkohol dapat meningkatkan kerusakan hati dan pendarahan lambung.

nah, udah pada taukan makanan dan minuman yang tidak dianjurkan untuk kalian konsumsi saat minum obat??
Semoga dapat bermanfaat yah kawan-kawan :)

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang ingin kalian tanya atau tambahkan mengenai tulisan ini, silahkan tinggalkan komentar. InsyaAllah kami siap menjawabnya :)