Banyak hal yang tidak ku ketahui dan ku tulis disini

Senin, 15 September 2014

Beginilah Cara Memanfaatkan Teknologi

Akhirnya setelah sekian lama tangan ane (saya) karatan karna tidak pernah nulis artikel di Blog ini, melihat visitor yang menurun dan tak kunjung naik juga akhirnya muncul sedikit ide saat sedang boker tadi. Oke langsung saja gan, langsung ke toilet sana !
Di zaman yang serba modern ini ane sempat miris lihat kelakuan anak muda zaman sekarang. Bagaimana tidak miris, mereka sedang asyik-asyikan selfie dengan kamera yang canggih dalam genggaman mereka sedangkan ane cuma bisa nyala-nyalain senter di hape ane T.T

 Akhirnya setelah melakukan ritual bertapa beberapa tahun di Bau-Bau (ini nama kota gan, tapi IYKWIM dikit gpp) akhirnya ane bisa punya smartphone gan :D Dengan membanggakan kamera smartphone yang canggih, jiwa ndeso ane mulai bergema. Semua objek yang menarik ane jadikan korban pelampiasan foto. Lama kelamaan ane juga mikir, apa gunanya punya smartphone tapi phonenya lebih smart dari pada usernya -..- Oprak-oprek hape salahsatu jawaban dimana kita merasa sudah bisa memanfaatkan teknologi. Tapi jangan salah gan, justru itu malah membuat kalian semakin dimanfaatin teknologi.
Trus gimana cara agar kita bisa memanfaatkan teknologi ?
Oke disini ane cuma akan menjelaskan pemanfaatan teknologi yang cakupannya kecil, yaitu teknologi dalam smartphone agan :)

1. Browsing
Sudah jadi hal mutlak bahwa browsing itu bisa kalian lakukan dimana-mana, diwarnet, dikampus, dipokwe, diburjo, bahkan didalam air (iya, didalam air. Waterproof Case Bag adalah solusinya atau kalau punya budget mencukupi tinggal beli smartphone merk Soni si penjual Es paria Z)
Beginilah Cara Memanfaatkan Teknologi
Browsing
 Nah, dengan browsing kalian bisa menambah wawasan tapi ingat jangan pernah lupakan hal sosial seperti bertanya kepada oranglain. Browsing memang bermanfaat tapi menurutpendapat saya itu bisa membuat kita jadi makin tidak percaya dengan perkataan oranglain. Asal kalian banyak baca, perkataan oranglain walaupun agak beda dengan yang kita lihat di internet maknanya tetap sama dengan yang temen kita omongin gan :)

Sorry gan ntar lagi ane lanjutin, mau makan-minum-berak-mandi-berangkat kuliah :D
Oke akhirnya selesai juga kuliahnya, sekarang ane lanjut membahas masalah browsing yah gaess

Browsing sering kita lakukan di dumay (dunia Lunamaya) biasanya cuma iseng atau sedang kepepet gan, misalnya kepepet nyari jawaban soal, kepepet nyari pacar untuk malming, atau kepepet bayar utang akhirnya bertanya sama mbah gugel seperti ini:
Adegan berbahaya, jangan ditiru !
Biasanya orang-orang yang browsing mencari di mbah gugel. Nah, sebagai manusia yang memanfaatkan teknologi ada baiknya menggunakan mesin pencari populer ini jika menghadapi kesulitan. Berkat kecanggihannya kalian bisa menemukan blog/website yang membahas apa yang anda inginkan, mau minta rekomendasi, bertanya, sampai mentranslate pun juga semua bisa kalian dapatkan

2. Sosial Media
Siapa bilang sosial media cuma untuk alay ?
Sosial media jika di tangan yang tepat bisa mendatangkan rejeki gan, salahsatu contohnya jika kalian bergerak dibidang marketing atau jika kalian punya bisnis sosial media bisa menjadi alternatif mendatangkan banyak client/pembeli. Kebanyakan Buyer merasa was-was saat pertamakali belanja online, takut ketipu lah, takut barang palsu lah, takut di modusin lah (khusus jomblo kebiasaan kek gini -_-) Karna sosial media lah para Buyer newbie jadi percaya kepada seller soalnya sosial media yang terpercaya tuh biasanya sering update, trus profilnya Jelas jadi tingkat kepercayaan Buyer meningkat.
Contoh lainnya ane gan, ane sering share postingan blog ke sosial media untuk meningkatkan visitor. Bodo amat mau dibilang apa, yang penting tidak merugikan itu Prinsip ane gan :')
Belum lagi forum yang sering dibuat di FB, kalian bisa menambah teman dan wawasan disana. Kelas ane (Teori 4 Universitas Setiabudi Solo) sudah memanfaatkan grup FB untuk kirim-kirim info, materi kuliah, Soal dan bocoran soal 
3. Aplikasi
Dari tadi kita bahas masalah yang berkaitan dengan dumay, sekarang ane akan membahas aplikasi gan.
Oke,sekarang biar ane tebak.. di Smartphone kalian pasti ada aplikasi Facebook kan ? hayo ngaku. Kalo aplikasi PDF reader? Office? Camscanner? Ada gak gan?? Apa kalian cuma menjadikannya pajangan??? Tentu itu sangat mubazzir kalo kalian tidak memanfaatkannya. Ane gak bahas aplikasi yang sudah ane sebutkan diatas gan soalnya kalian sudah tau apa gunanya, kali ini ane akan bahas aplikasi yang sekiranya bisa kita gunakan untuk memanfaatin teknologi
  •  Pengingat 
 Salahsatu aplikasi yang ane pake untuk membantu sesama saling mengingatkan yaitu ini: 
Wunderlist

Cara kerja aplikasi ini yaitu kita bisa membuat pengingat tentang hal-hal apa yang akan kita kerjakan jadi semacam aplikasi To-do List ditambahkan catatan (Note) didalamnya. 
Trus istimewanya apa ?
Keistimewaan aplikasi ini yaitu kita bisa menambahkan teman kedalam daftar pengingat yang akan kita buat, jadi saat kita atau teman kita buat catatan/pengingat baru kita juga bisa tau. Kelemahan aplikasi ini yaitu menggunakan koneksi internet, tau sendirikan budget mahasiswa berbeda-beda. Pake provider yang internetnya kenceng harga mahal, pake provider yang murah tapi internetnya lelet -..-

  • Koneksi antara Laptop dan Smartphone
Bagaimana jika kalian sedang browsing menggunakan Kompi/Laptop trus nemu URL kayak gini:
Males banget dah ngetik ulang di Hape
Solusinya bisa menggunakan aplikasi pada smartphone kalian, aplikasi yang ada di Hape ane kek gini gan:
Kopy
Yap aplikasi bernama Kopy, jika kalian ingin menulis URL tadi di hape melalui kompi tinggal menuju ke websitenya Gokopy.c*m paste URL tadi trus klik tombol "Kopy" tinggal nunggu notifikasi di smartphone kalian berdering sambil minum secangkir kopi. Kelemahan aplikasi ini lagi-lagi harus menggunakan internet gan. Ohiya ada juga aplikasi lain yang lebih simpel bahkan sudah terintegrasi dengan browser kalian tapi ane merekomendasikan ini untuk pengguna Windows phone.

  • Asisten Digital
Siapa yang tidak pengen punya asisten pribadi, Yakin tidak mau??
Dengan asisten pribadi pada smartphone kalian semua serasa mudah tinggal gimana cara kalian memanfaatkan teknologi saja. Ane akan nyaranin salahsatu asisten pribadi buatan windows, yaitu Cortana
Cortana
Sang asisten digital ini mempunyai segudang fitur yang bahkan tidak kalian duga sebelumnya, dengan menggunakan perintah suara kalian bisa menyuruh Cortana melakukan banyak tugas seperti menyuruh menelpon seseorang dalam kontak smartphone kalian, menuliskan pesan kepada kontak kalian, memutar acak musik, tanya masalah cuaca, membuat pengingat saat anda berada di lokasi tertentu, menyuruh share status di Sosmed, bahkan menyuruh Cortana untuk bernyanyi pun bisa menggunakan perintah suara.
Tapi lagi-lagi koneksi internet sangat dibutuhkan untuk bisa serta belum mendukung bahasa Indonesia jadi ane bicara bahasa Inggris terus kalo mau memerintah Cortana, kelihatan aneh kalo didepan umum -_-

  • Voice Memo
Harusnya ini masuk aplikasi pengingat yang dibahas diatas ya -..-
Nama aplikasi ini sesuai dengan fungsinya yaitu merekam suara. Trus bedanya apa dengan perekam suara lainnya ? Perekam suara berfungsi sebagai Catatan tapi catatan berupa suara bukan tulisan, jadi bagi yang malas ngetik bisa menggunakan aplikasi ini gan :D Fitur keren aplikasi ini yaitu bisa merubah format rekaman dari mp3 ke Wav dimana Wav memiliki ukuran file yang lebih kecil dibanding mp3, kapasitas memory pun gak termakan habis. Tapi untuk bisa memakai fitur ini harus membayar gan.
Voice memos
Sebenarnya Cotana juga bisa digunakan seperti halnya voice note tapi karna kekurangannya (Bahasa dan koneksi internet) jadinya Voice memos adalah pilihan yang tepat

Oke mungkin itu dulu beberapa hal yang bisa dimanfaatkan dari teknologi, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Kedepannya ane bakalan bikin Part 2 dari postingan ini, semoga kalian tambah bosan dan kantong mata kalian punya kantong mata.

~KeepBlogging

4 komentar:

  1. play bandarq dimana anda bisa menjadi bandar hanya di AJOQQ,net
    main dan menangkan sebanyak banyaknya

    BalasHapus
  2. rasakan bermain secara online di AJOQQ
    min dp. 15ribu
    min wd. 15ribu
    coba daftar, main dan menangkan hingga ratusan juta
    jadilah pemenang di AJOQQ

    BalasHapus
  3. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14

    BalasHapus
  4. Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

    BalasHapus

Jika ada yang ingin kalian tanya atau tambahkan mengenai tulisan ini, silahkan tinggalkan komentar. InsyaAllah kami siap menjawabnya :)