Banyak hal yang tidak ku ketahui dan ku tulis disini

Kamis, 12 Februari 2015

Besi kok bisa lebih dingin daripada benda lainnya saat dipegang? Tanya mengapa

Hallo, apa kabar kalian? ^^
akhir-akhir ini saya sudah gak pernah menulis artikel lagi di dunia maya karna sibuk di dunia nyata, tapi tenang gan saya gak pernah meninggalkan dunia maya (Baca: Blog) walaupun ada satu atau dua artikel dalam sebulan akan saya posting disini :D 

Mengikuti rasa penasaran saya pada setiap hal, akhirnya niat saya muncul juga untuk membuat artikel ini walaupun gak ada sangkut pautnya dengan farmasi tapi tetap worth it kok untuk kalian simak. Nah, sesuai judul "Besi kok bisa lebih dingin daripada benda lainnya saat dipegang?"
WHY ?
 Mungkin kalian pernah mengalaminya saat memegang besi tangan kalian terasa dingin, kenapa coba? Sepele tapi jawabannya susah, bahkan saya harus bertapa sambil mata tertutup (baca: tidur) baru paham.. hahaa
Jawabannya sih sebenarnya sepele gan, ini masalah fisika tentang penghantaran panas. Masih ada kaitannya tentang:
1. Kenapa saat cuaca dingin trus pakai baju hangat tubuh terasa hangat?
2. Mengapa dinding luar gelas yang berisi es timbul titik-titik air? 
Sebelum saya membahasnya, saya mau kalian menyelesaikan misi dulu. Pergi ke bank pagi-pagi, jangan lupa pakai topeng dan jangan lupa bawa peluru cadangan. Nah, trus rampok dah tuh bank kalo kalian ketangkep dan masuk penjara berarti misi pertama sukses . Kedua, saat kalian sudah masuk sel coba kalian rasakan bagaimana suhu besi sel penjara saat kalian pegang. Gimana? dingin bukan :D *becanda kok* Nah adegan ini jangan ditiru gan karna kalian gak bakalan punya masa depan cerah
Kenapa besi yang dipegang bisa lebih dingin, Id ?
Itu karna besi merupakan penghantar panas (konduktor) yang baik. Suhu tubuh kita mempunyai suhu sekitar 37derajat C dan kulit kita ini mempunyai berbagai macam reseptor untuk mengidentifikasi perubahan suhu, itu artinya pada suhu kamar (27derajat C) tubuh kita lebih panas daripada suhu lingkungan. Hal ini mengakibatkan terjadinya perpindahan panas (energi) dari tubuh ke besi (Ingat, besi adalah konduktor yang baik) karna energi yang ada di tubuh berkurang akhirnya kita merasakan dingin.
Konsepnya seperti spons dan air, anggap air sebagai energi panas tubuh sedangkan spons adalah besinya. Besi akan menyerap panas tubuh sehingga tubuh kehilangan panasnya, akibatnya tubuh akan terasa dingin. Biasanya kita menganggap bahwa besi yang dingin :D saya juga gitu sebelum ngerti ini
Apa yang menyebabkan besi mampu menghantarkan panas, id ?
Besi atau benda-benda logam lainnya sebenarnya dapat menghantarkan penas dengan baik karna mempunyai elektron-elektron bebas di dalamnya. Elektron bebas ini bergerak semakin cepat jika diberi energi. Nah, elektron inilah yang membawa pergi energi (panas) kita dari kulit. Jadi sebaiknya kita laporin aja nih si elektron ke kantor polisi terdekat :<
~Happyblogging





1 komentar:

Jika ada yang ingin kalian tanya atau tambahkan mengenai tulisan ini, silahkan tinggalkan komentar. InsyaAllah kami siap menjawabnya :)